skip to Main Content

Berbagi Kebahagiaan di Hari Kurban

Takbir bergema menjelang pelaksanaan Shalat Idul Adha di lapangan Basket Campus Center ITB yang dimulai pukul 06.30 WIB. Bertindak sebagai Imam dan Khatib Dr. Ir. Suyatman, M.Eng.

Dalam khutbahnya beliau menyampaikan tentang renungan perjalanan Ibrahim as. Sejak muda, Ibrahim as. dicoba berbagai ujian tauhid dimulai dengan ancaman dilemparkan ke kobaran api, berpisah dari sang buah hati yang masih bayi, belum lagi perintah untuk mengurbankan anak kesayangannya.

Dengan keimanan yang kokoh Nabi Ibrahim as. mampu melalui seluruh ujian tersebut yang menjadikannya sebagai kekasih Allah. Ibadah kurban yang kita semua lakukan saat ini adalah sarana mengingat kembali perjuangan nabi dalam membuktikan keimanan.

Berlanjut pada rangkaian ibadah kurban. Berlokasi di lapangan rumput barat, Masjid Salman ITB melalui Rumah Amal Salman dan P3RI Salman ITB melaksanakan penyembelihan dan penyaluran hewan kurban.

Tahun ini Rumah Amal Salman menerima hewan kurban berupa 4 ekor unta, 41 ekor sapi, 6 ekor kambing luar negeri, 557 ekor kambing dengan jumlah total 608 hewan kurban dari 873 orang pengkurban. Hewan kurban tersebut didistribusikan ke 18 kota di dalam negeri, Palestina, Suriah, Rohingnya dan Somalia. Pelaksanaan penyembelihan di Masjid Salman ITB sendiri dimulai pukul 07.30-12.00 WIB, sebanyak 14 ekor sapi & 50 ekor kambing disembelih.

Dalam proses penyembelihan diperkenalkan pula teknologi Internet of Things (IoT), dimana sejumlah sampel hewan kurban diukur berat, karkas dan suhu tubuh hewan dengan perangkat yang langsung terhubung melalui internet. Tujuannya agar hasil timbangan dapat diakses oleh siapapun yang berkepentingan atas data tersebut. Teknologi ini dikembangkan oleh mahasiswa Teknik Fisika ITB.

Daging kurban & jeroan juga diperiksa oleh dokter dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk menjamin mutu. Sebanyak 2768 bungkus daging kurban dikemas menggunakan besek bambu & daun pisang sebagai langkah mengurangi kantung plastik. Hal ini adalah upaya mendukung gerakan “Salman Green Mosque” yang telah bergulir sejak tahun 2016. Semoga kurban tahun ini membawa kebahagiaan untuk semua kaum Muslimin. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top