skip to Main Content

Melihat Kebesaran-Nya Melalui Fenomena Alam Bersama Astro Camp 2

Foto : Kegiatan Para Peserta Astro Camp 2

“Kak aku liat.. aku liat bulannya. Itu kelihatan gerhananya kak, ada item-itemnya gitu. Kak aku mau lihat Saturnus kak.” Itulah sepenggal celotehan dari peserta cilik Astro Camp 2. Antusias, rasa ingin tahu & keseruan tampak dari ekspresi para peserta cilik ini saat melihat gerhana bulan melalui teropong yang menjadi salah satu kegiatan utamanya.

Kegiatan Astro Camp 2 adalah kegiatan kemping yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi tentang kebesaran Allah & Ciptaan-Nya melalui benda-benda langit dan juga fenomena gerhana. Dilaksanakan sejak 16 Juli pukul 16.00 WIB hingga 17 Juli 2019 pukul 05.00 WIB di kompleks Masjid Salman ITB. Para peserta terdiri dari berbagai kalangan, baik individu dan keluarga, juga dari anak-anak hingga dewasa dengan total peserta 100 orang.

Diawali dengan registrasi dan pemasangan tenda. Sengaja, pemasangan tenda harus dipasang sendiri oleh peserta guna menumbuhkan kerjasama & pengalaman berkemping. Agenda kegiatan dimulai dengan Talk Show “Meet the astronomer and the director” bersama Novi Sopwan M. Si (Astronomer muda lulusan ITB) dan Kang Iqbal Alfajri (Sutradara Film Iqro “My Universe”). Kemudian para peserta diajak untuk membuat percobaan sains kaleidoskop. Setelah itu para peserta beristirahat mulai pukul 22.00-02.30 WIB.

Foto : Kemping di Halaman Masjid Salman ITb

Gerhana bulan sebagian mulai tampak pada dini hari, para peserta mulai meneropong. Kakak panitia pun menemani sekaligus memberi penjelasan mengenai fenomena ini. Mulai dari penyebab hingga bagaimana proses terjadinya gerhana bulan itu sendiri. Ternyata gerhana bulan sebagian ini terjadi akibat konjungsi bulan dengan Saturnus.


Astro Camp 2 hadir untuk mengedukasi fenomena alam ini dari dua sudut pandang, baik dari sisi ilmu pengetahuan melalui pengamatan juga dari sisi keagamaan yang dilanjutkan dengan kegiatan ibadah. Selesai meneropong, para peserta mulai berkumpul untuk mendirikan shalat gerhana berjamaah diikuti dengan menyimak khutbah. Setelah itu dilanjutkan dengan mendirikan shalat subuh berjamaah. Kegiatan diakhiri dengan membereskan tenda dan perlengkapan pukul 05.00 WIB.

#salmanitb #masjidsalmanitb #astrocamp #astrocamp2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top