skip to Main Content

Memperluas Bangunan Masjid Lautze 2 bersama Badan Wakaf Salman ITB

Masjid Lautze 2 menerima sumbangan dana sebesar 150 juta rupiah dari Badan Wakaf Salman ITB guna perluasan bangunan masjid, selepas shalat Jumat (12/07). Khirzan Nazar Noe’man (Direktur Badan Wakaf Salman ITB).

Penyerahan wakaf secara simbolis dari M. Khirzan N. Noe’man (Direktur Badan Wakaf Salman ITB) kepada Hermawan Mahfudz (Pembina Masjid Lautze 2)

Masjid yang berlokasi di Jalan Tamblong No. 27 ini, setiap waktu shalat Jumat dapat menampung 600-700 jamaah. Dikarenakan jumlah jamaah yang hadir melebihi kapasitas di dalam Masjid, maka jamaah lain pun melakukan shalat di jalan sekitar Masjid Lautze 2. Luas bangunan masjid hanya sekitar 7 kali 6 meter. Meskipun sudah direnovasi sebanyak tiga kali pada tahun 2004, 2007, dan 2012, luas Masjid Lautze 2 ini tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Sebagai pusat aktivitas ibadah di daerah Tamblong, masjid ini memiliki berbagai kegiatan diantaranya, kegiatan pembinaan pengajian anak – anak ataupun dewasa, pembinaan puluhan mualaf (hingga saat ini ada 370 orang mualaf).

Untuk itu, pada tahun 2012 digagaslah sebuah program untuk perluasan Masjid Lautze 2 tersebut. Salah satu kerja sama yang terjalin yaitu dengan Badan Wakaf Salman ITB. Adapun dana yang di perlukan untuk perluasan tanah tersebut sekitar 1,5 Milyar Rupiah (1 Milyar Biaya pembebasan lahan dan 500 juta biaya renovasi). Lahan sekitar Masjid Lautze 2 yang akan dibebaskan kurang lebih seluas 270 m2, dari luas tanah yang ada.

Pembina Masjid Lautze 2, Bapak Hernawan mengatakan bahwa sebagai kaum muslim sudah seharusnya semua pihak saling support dan bekerjasama. Sumbangan ini nantinya akan digunakan untuk membangun di bagian selatan atau utara Masjid.

“Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan kebutuhan akan ketersediaannya fasilitas bagi jamaah sekitar Tamblong akan terpenuhi. Dan bertujuan agar para mualaf bisa terfasilitasi dengan baik dalam mempelajari agama Islam, mengingat Masjid Lautze 2 ini berperan sebagai pusat informasi Islam bagi warga Tionghoa, baik yang sudah menjadi Muslim ataupun yang sedang mempelajari Islam. ” ucap Khirzan.

#salmanitb #badanwakafsalmanitb #masjidlautze2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top