skip to Main Content

Alhamdulillah, Pelatihan Dasar Sound System, Akustikal & Elektrikal Masjid telah dilaksanakan, Sabtu (22/06) lalu, di GSG Masjid Salman ITB. Acara ini digagas oleh Muslim Bikers United dan YPM Salman ITB. Peserta hadir membludak hingga 300 orang.

Joko Sarwono, Ph.D., (Dosen Akustika Bangunan Teknik Fisika ITB) pemateri pertama, menyampaikan tentang pengaruh besar kondisi akustik ruangan masjid terhadap kejelasan suara. Semahal apapun perangkat sound, kalau akustiknya jelek, gaung berlebih, tidak akan mampu memperbaiki kualitas sound. Sayangnya, akustik ruangan masjid seringkali diabaikan.

Di sesi kedua, Eep S. Maqdir (Praktisi Audio), memaparkan dasar membangun sound system masjid mulai dari hal sederhana sampai sistem kekinian dimana masjid menjadi sarana beribadah, kajian, dll. Disampaikan juga dasar-dasar loudspeaker, amplifier serta tips memilih & menata suara.

Agus Indratno (Praktisi Elektrikal) pada sesi terakhir, menjelaskan tentang membangun jaringan kelistrikan masjid, agar terhindar dari bahaya kelistrikan, bagaimana kelistrikan ini meningkatkan kualitas sound system & meminimalisir gangguan kelistrikan terhadap sound system, seperti kewajiban pemasangan grounding yang benar.

Waktu dari jam 09.00-17.00, dirasa masih kurang. Karena keterbatasan waktu, banyak peserta tidak kebagian mengajukan pertanyaan. Semoga pelatihan dasar ini dapat membuka wawasan para pengurus masjid, DKM, marbot, dll., tentang pentingnya menjaga kualitas audio, agar tidak hanya mementingkan tampilan masjid semata.

Melihat animo peserta, maka diusulkan untuk adanya workshop yang lebih advance, seperti bagaimana mengukur akustik ruangan, cara setting perangkat sound seperti mixer, amplifier, dll.

Didukung juga oleh Masagistudio yang memberi hadiah berupa Kartu Shalat 3D. Juga Yayasan Hamidjaya Khidmatu Ummah sebagai penyedia sarana proyektor. Terima kasih untuk seluruh pihak yang telah membantu. Semoga Allah membalas dengan pahala berlipat ganda.

#salmanitb
#muslimbikersunited
#soundsystemmasjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top