skip to Main Content
Design by : EkaPrakoso

Hari Raya Idul Fitri telah tiba. Silaturahmi dan berkunjung ke rumah keluarga & kerabat adalah agenda utama. Suguhan berbagai makanan mulai dari kue kering, cemilan manis, hingga hidangan bersantan seperti opor atau rendang siap mengantri.

design by : Eka Prakoso

Juga dengan berbagai minuman manis, mulai dari teh, sirup, soft drink dan lainnya. Saking bergembiranya bertemu dan berkumpul bersama keluarga, terkadang kita khilaf dengan apa yang kita makan. Banyak yang berdalih, “Gak apa-apa, kan cuma sehari aja”.

Namun sebaiknya kita tetap berhati-hati dengan makanan yang kita makan, khususnya disaat lebaran ini. Karena konsumsi gula, dan lemak berlebih dapat meningkatkan stroke, diabetes, dan serangan jantung ungkap, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K). Kemenkes RI pun memberikan rekomendasi batas maksimal konsumsi gula yaitu 4 sdm, garam 1 sdt dan lemak 5 sdm per hari.

design by : Eka Prakoso

Info grafis diatas bisa menjadi informasi tambahan supaya kita bisa mengukur dan menjaga konsumsi gula dan lemak pada makanan kita. Jadi, kontrol diri dan tidak berlebihan adalah kuncinya sebagaimana firman Allah:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” QS. Al-A’raf [7]: 31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top