Mengasah jiwa melalui sastra dan seni membuat manusia kian mengapresiasi penciptaNya. Keindahan yang tercipta dapat mengasah jiwa untuk kian menghayati kehidupan. Masjid Salman ITB memiliki ragam kegiatan yang dapat mewadahi minat sastra dan seni Anda, di antaranya:

Waktu kegiatan: Setiap Sabtu, pukul 16.00

Lokasi: Salman Reading Corner

Pengasahan skill menulis dengan pengarahan oleh mentor tulis. Upaya meningkatkan minat terhadap dunia tulis menulis terus dilakukan. Salah satunya oleh unit Aksara salman. Kegiiatan pembinaan dan pelatihan menulis diadakan setiap hari sabtu di perpustakaan salman.

Pembinaan menulis ini dibagi menjadi dua kelompok.  Kelompok fiksi dimulai pukul 16.00 yang akan dipandu oleh Septina Ferniati.

Lewat pembinaan menulis fiksi dan non-fiksi ini diharapkan peserta dapat menghasilkan karya berupa cerita pendek dan esai. Karya-karya tersebut nantinya dikumpulkan menjadi sebuah buku. Pelatihan menulis ini juga merupakan proses pembinaan untuk anggota lama Aksara salman. Hal ini sebagai bentuk pembekalan pada anggota lama untuk membimbing adik-adik baru. Bisa disebut dengan proses persiapan regenerasi unit.

Waktu kegiatan: Setiap Jumat, pukul 16.00

Lokasi: Salman Reading Corner

Sasaran: Umum

Program rutin mingguan unit literasi Aksara Salman ITB. Diskusi buku tersebut dinamakan Majelis Buku alias Mabuk. Majelis Buku ini rutin dilaksanakan setiap hari Jumat, pukul 16.00.

Kegiatan utama Mabuk adalah membedah buku yang oleh anggota Aksara sendiri sudah pernah dibaca. Jika seseorang mau berbagi isi buku dengan yang lain, dapat dibahas di Majelis Buku Salman.

Buku-buku yang dibahas tak terbatas pada genre atau bidang tertentu. Beragam jenis buku dapat dibahas pada Majelis Buku. Hal tersebut didasarkan pada minat masing-masing anggota. Mulai dari komik, novel, buku keilmuan seperti arsitektur dan geologi, filsafat, hingga buku-buku keagamaan acap kali didiskusikan dalam kegiatan ini.

Mmanfaat yang paling terasa dalam Mabuk adalah kita dapat mengetahui isi buku tanpa harus membaca bukunya. Baginya, terdapat kondisi dimana kita tertarik pada suatu buku, tetapi belum punya cukup waktu untuk membacanya.

Selain manfaat di atas, kegiatan Mabuk pun melatih kemampuan pembedah buku dalam membuat resensi. Buku  yang hendak dibahas harus dibuatkan resensinya dahulu. Nantinya, resensi tersebut akan dibagikan kepada peserta yang datang.

Waktu kegiatan: Setiap 3 bulan sekali

Lokasi: GSS

Sasaran: Umum

Narahubung: 08170210787

Film Classes merupakan pelatihan teori dan praktik pembuatan film bersama instruktur dari Salman Academy. Melalui kelas film ini para peserta diberi target untuk memahami cara membuat sebuah film dengan tatacara yang baik dan benar. Kemudian, pada akhirnya para peserta akan dibentuk menjadi satu tim produksi dan akan memproduksi sebuah film pendek. Beberapa peserta kelas film ini bisa  diikutkan menjadi kru produksi film layar lebar yang telah direncanakan sebelumnya.

Waktu: Setiap 3 bulan sekali

Lokasi: GSS

Sasaran: Umum

Narahubung: 08170210787, 08891525212

Master Class sendiri merupakan workshop film rutin khusus yang diadakan oleh Salman Films. Berbeda dengan Pemateri-pemateri yang mengajar di Master Class merupakan tokoh-tokoh ternama di dunia film. Workshop ini terbuka bagi siapa pun yang mempunyai ide dan gagasan terhadap dunia perfilman dimulai dari pelajar SMP, mahasiswa dan umum. Pada akhir tahun 2014, Master Class menghadirkan Riri Riza, Didi Petet, dan Budiyati Abiyoga sebagai pemateri.

Lokasi: GSG Salman, GSS Salman

NARAHUBUNG: 08179213121 / 082115525290 (Kang Ius)

Kursus akting selama 2 mulai. Dimulai pada bulan Maret 2015.

Lokasi: GSG Salman

NARAHUBUNG: 08179213121 / 082115525290 (Kang Ius)

Belasan tahun aktif sebagai pegiat teater, Ius Kadarusman melihat adanya peluang syiar Islam melalui pentas teater. Teater Menara Salman merupakan gerakan awal yang Ius harapkan dapat membawa angin segar di dunia dakwah. Teater Menara Salman sudah beberapa kali mengadakan pentas, diantaranya CINTA: Dzikir Drama dan Parlemen Setan. Teater Menara mengadakan latihan setiap minggu dan mengundang siapapun untuk turut serta.

Lokasi: GSG Salman

NARAHUBUNG: 08179213121 / 082115525290 (Kang Ius)

Sebenarnya akting dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, bila dilakukan dengan benar. Kemampuan akting ternyata bisa diaplikasikan baik dalam konteks berseni, maupun keseharian. Oleh karenanya, Teater Menara melayani permintaan workshop seni terapan untuk beragam keperluan. Salah satu workshop seni terapan yang pernah diadakan Teater Menara Salman adalah “Workshop Strategi Pembelajaran Paud dengan Metode Teater (Sosiodrama)”.