Narahubung: Zulkarnain (081320144878)

Peradaban Islam ditopang oleh kedekatan masyarakatnya dengan Al-Qur’an. YPM Salman ITB melihat potensi itu untuk mencapai tujuan sebagai masjid peradaban Islam.  Bidang Dakwah (BD) Salman pun memiliki program Rumah Qur’an sebagai langkah konkret meraih tujuan tersebut.

Penanggungjawab Rumah Qur’an, Ustadz Zulkarnain menjelaskan, dalam program ini ada lima bentuk kegiatan terpadu. Pertama, kelas Belajar Baca al-Qur’an (BBQ).

Menurutnya, kelas ini kerap kali berbentuk privat dan diikuti oleh orang dewasa yang belum fasih membaca Al-Qur’an. Selanjutnya, kelas Tahsin Al-Qur’an. Kelas ini merupakan program ketika jamaah ingin bacaan Al-Qur’annya lebih baik. Dalam kelas ini, diajarkan mengenai makharijul huruf, shifatul huruf, tajwid, dan sebagainya.

Ketiga dan keempat, yaitu kelas yang terbuka bagi jamaah yang caranya membaca Al-Quran telah baik, kelas Murattal dan Tahfidz Al-Qur’an. Dalam kelas Murattal jamaah diajarkan mengenai pola baca yang bagus seperti macam-macam lagu Qira’at. Sedangkan, kelas Tahfidz menekankan pesertanya untuk menghafal Al-Qur’an dengan target 30 Juz.

Terakhir merupakan kelas tambahan, yaitu program Sima’an. Program ini adalah kegiatan mendengarkan orang yang sedang membaca Al-Qur’an satu sampai dua juz. Biasanya, dilakukan menjelang buka puasa sunat Kamis di sekitar Masjid Salman.

Tafsir
Waktu: Selasa jam 10.00
Lokasi: GSS

Memberikan pemahaman Alquran dengan merujuk kitab tafsir.

Tahfidz

Waktu: Setiap Senin sampai Sabtu di area masjid, jam setoran sesuai dengan persetujuan
Lokasi: Area masjid

Melayani setoran hafalan jemaah

 Tahsin

Waktu: Kamis sampai Sabtu jam 13.00
Lokasi: GSS

Membimbing aktivitas baca Alquran yang benar dengan kaidah bacanya.

Peserta: Umum

Narahubung: 088802022007 (M. Mukhlis)

Layanan pengajaran tahsin bagi mahasiswa dan masyarakat umum oleh Majelis Ta’lim (Mata) Salman ITB. Mata’ menyediakan pendidikan untuk memperbaiki bacaan Alquran secara gratis. Tujuannya ialah mewujudkan ITB bebas buta huruf Alquran.

Peserta: Anggota UPTQ

Narahubung: 08991458068 (Sinta), 085933074062 (Agus)

Pembinaan Tilawatil Qur’an yang dikelola oleh Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an (UPTQ) Al-Muhandis Salman ITB dikemas dalam  tiga cabang pembinaan dengan menggunakan metode yang berbeda-beda. Cabang- cabang pembinaan ini dibedakan berdasarkan dari cabang yang ada di MTQ. Pertama 3T, yaitu Tartil, Tahfidz dan Tilawah, kedua kaligrafi dan ketiga melalui kalam yang di dalamnya terdapat Syarhil, Fahmil dan KTIQ atau Karya Tulis Ilmiah Alquran.

Dari program pembinaan tersebut akan ada evaluasi di akhir kegiatan. Salah satunya menjalin kerjasama dengan unit Salman lainnya seperti Gamais. Jika tidak ada halangan, tahun depan akan dilaksanakan Olimpiade Alquran (OA) yang menjadi kegiatan tahunan sekaligus menjadi tolak ukur perkembangan kemampuan peserta UPTQ.