Unit terkecil pembangun tatanan masyarakat beradab adalah keluarga. Tentu, membangun keluarga penyokong peradaban mumpuni tidak semudah membalikkan tangan. Oleh karena itu, Masjid Salman ITB menyediakan beberapa program yang memberikan materi seputar kerumahtanggaan Islam. Berikut program-program yang kami tawarkan.

Lokasi: GSG Salman

Sasaran: Umum

Narahubung: 082117570757 (Nana)
Menikah memang indah. Namun, adakalanya tak seindah yang dibayangkan. Banyak problematika yang harus dihadapi dalam bahtera rumah tangga. Agar tak salah langkah, setiap orang perlu melakukan pembekalan agar siap menghadapi itu semua.

Atas dasar ini, pada tahun 2007 tercetuslah Sekolah Pranikah (SPN). Setiap peserta SPN akan mendapat pengetahuan seputar pernikahan dan mendapat pembakalan agar siap menghadapi berbagai problematika yang sering muncul dalam pernikahan.

Ada delapan materi pokok yang disampaikan dalam SPN. Materi tersebut disampaikan dalam delapan pertemuan dengan narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing. Pertemuan pertama membahas tentang Ta’aruf. Pertemuan kedua akan membahas tentang motivasi menikah. Pertemuan ketiga tentang mengenal karakter.

Kemudian pertemuan keempat akan membahas problematika rumah tangga. Pertemuan kelima akan membahas kesehatan reproduksi.  Pertemuan keenam akan membahas tentang Fiqih Thaharah. Kemudian pertemuan ketujuh akan membahas tentang manajemen keuangan. Pertemuan terakhir adalah pandangan menikah dari sudut pandang syariat dan hukum negara.

Waktu: Setiap Ahad, mulai pukul 07.30

Lokasi: Paving Blok Salman ITB dan Lapangan Rumput Salman ITB

NARAHUBUNG: 083820859397

Kegiatan Rutin dari Pembinaan Anak-anak Salman (PAS-ITB) merupakan kegiatan mentoring per kelompok kecil yang diadakan seminggu sekali setiap hari Ahad.  Kegiatan di PAS-ITB bukan berfokus pada masalah akademik anak namun lebih pada pembelajaran mengenai maslah keagamaan dan pengetahuan umum. Kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah :

  1. Mentoring eSDe. Mentoring eSDe dilaksanakan untuk anak usia SD dari kelas satu sampai dengan kelas enam eSDe.
  2. Mentoring TeKa. Mentoring TeKa dilaksanakan untuk anak usia PAUD-TeKa yakni dimulai dari umur tiga tahun.
  3. Mentoring Club. Mentoring Club merupakan mentoring tambahan yang dikhususkan bagi adik binaan eSDe. Saat ini ada tujuh club yang ada, yakni : Asterik, BIPP, Bokre, Multimedia, Pencil, PD, dan Surviva
  4. FOTA. FOTA merupakan forum orangtua adik binaan PAS-ITB.

Waktu: Tiap Ahad pagi

Narahubung: 085797224181 (Mario)

Peserta: Remaja SMP dan SMA

Lingkar Sahabat merupakan salah satu program pembinaan Keluarga Remaja Islam Salman (Karisma) yang berbariskan pengembangan karakter adik dengan metode mentoring Islam. Adalah sebuah pembinaan rutin buat adik-adik SMP dan SMA setiap hari Minggu persembahan KARISMA SALMAN ITB.

Apa aja acaranya?

Ada Rihlah, Karisma Camp, Amazing Race, Mentoring, Malam Bina Iman dan Taqwa, Latihan dasar Kepemimpinan Islam, Pengabdian Masyarakat, Simulasi dan Games, Nonton Bareng, Kunjungan, tahsin Al Quran, dan masih banyak lagi yang seru. Insya Allah acara  ini bermanfaat untuk mengisi waktu terbaik di setiap pekannya.

Acara-acara ini dilaksanakan setiap akhir pekan.

Narahubung: 085223517275 (Ami)

Sasaran: Remaja SMP dan SMA

Klub Kreatif Karisma ITB ini terbuka untuk siswa SMP dan SMA. Adapun klub yang tersedia terdiri dari 4 kelompok besar, yaitu: seni, media, sains, dan bahasa. Sedangkan klub-klub yang di bawah kelompok ini, antara lain: musik, teater, Jepang, English, Deutsch, Perancis, Kimia, Astronomi, Fotografi, Jurnalistik, dan web design.

 

Dengan mengikuti klub ini, adik-adik Karisma ITB diharapkan mampu mendapatkan ilmu yang bermanfaat, memiliki teman baru dari berbagai sekolah, punya pengalaman baru, keanggotaan seumur hidup, dan lingkar sahabat.

Karisma Learning Center atau biasa disingkat KLC merupakan pusat bimbingan belajar siswa SMP dan SMA di Masjid Salman ITB dan berada di bawah naungan Karisma ITB.  Program KLC terbagi menjadi dua. Pertama, program adik yang terdiri dari Bimbel Reguler dan Bimbel Privat.

Kegiatan belajar diselenggarakan pukul 16.00-18.00 sejak hari senin-kamis. Pengajarnya tidak hanya berasal dari ITB saja, tapi dari universitas lain seperti UPI dan Unpad. Sekarang, KLC memiliki adik binaan berjumlah 200 orang yang terdiri dari adik SMP dan SMA dari berbagai sekolah di Bandung.

Sejak awal terbentuknya KLC memiliki visi besar, yaitu agar adik SMP dan SMA bersemangat melakukan aktifitas di salman. Selain visi besar, KLC juga memiliki visi agung, yaitu agar siswa dhuafa mendapat bimbingan belajar yang layak dengan pengajar yang layak dan non-biaya.