Salman menawarkan beberapa layanan dan kelas khusus untuk mempelajari Islam lebih dalam. Terdapat beberapa kelas sesuai dengan sasaran usia dan bidang yang akan dikaji. Di antaranya:

Lokasi: Sekretariat Bidang Dakwah
Narahubung: 02270926232 / 081322583690

Bagaimana cara mualaf mendalami Islam? Apakah ada yang membimbing mereka? Para mualaf -para pencari tuhan- dapat menemukan solusinya di Masjid Salman ITB. Sejak 2012 silam, Masjid Salman rutin mengadakan pembinaan bagi mereka yang menginginkan kebenaran.

Menuang teh dari teko kaca ke cangkir harus dengan lemah lembut, agar tak setetes pun air menjadi mubazir. Sama halnya dengan mengajarkan suatu hal baru kepada manusia. Mengajarkan ilmu harus dengan lemah lembut bak menuangkan teh, agar tak satu pun pengetahuan tersebut menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, konten yang diberikan dalam pembinaan adalah dasar dari agama Islam. Rukun Islam seperti tata cara sholat, mengaji , dan lainnya menjadi topik utama. Pembina akan membimbing bacaan sholat dan Alquran; dari terbata-bata hingga fasih.

Pembinaan rutin diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, pukul 10.00-11.30. Namun kadang untuk menjawab pertanyaan peserta, kegiatan bisa berakhir pada pukul 13.30.

Lokasi: GSS Salman
Sasaran: Umum
Narahubung: 02270926232 / 081322583690

Alquran diturunkan dalam bahasa Arab. Maka, untuk memahaminya kita harus menguasai bahasa Arab. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang mendasari diadakannya Salman Arabic Course, kursus bahasa Arab. Selain itu, bukan tidak mungkin di masa mendatang, bahasa Arab menjadi bahasa internasional. Oleh karena itu, tak ada salahnya mempersiapkan diri sejak saat ini.

 

Kemampuan yang akan diperoleh peserta:

– Peserta dapatmenguasai percakapan dalam bahasa Arab

– Peserta mengerti kaidah Bahasa Arab

– Peserta dapat menerjemahkan alquran dan bacaan shalat

Waktu: Senin-Kamis, 8.00-12.00
Lokasi: GSS Salman / Ruang Utsman
Sasaran: Ibu-ibu
Narahubung: 08156212936 (Ibu Riva), 08122047854 (Ibu Sakib)

Program Kelas Belajar Pengajian Wanita Salman (PWS) mengajarkan fiqih, tafsir, murotal, terjemah, aqidah, serta ilmu hadist untuk ibu-ibu.

Waktu: Selasa dan Kamis, 9.00-11.30
Lokasi: GSG Salman ITB
Sasaran: Ibu-ibu
Narahubung: 081321478283 (Ibu Kuswati)

Program Kelas Belajar Pengajian Wanita Salman (PWS) yang mengajarkan akhlaq, aqidah, ibadah, dan muamalah.

Waktu dan Lokasi: Jumat, 9.00-10.30
Lokasi: GSS E
Sasaran: Ibu-ibu
Narahubung: 08122002003 (Ibu Saleh Effendi)

Program Kelas Belajar Pengajian Wanita Salman (PWS) yang mengajarkan tahsin, sejarah islam, tafsir tematik, dan syarah hadist tiap Jumat.

Waktu: Tiap Selasa jam 4 pagi, Ahad jam 5 sore
Lokasi: Sekretariat Bidang
Sasaran: Umum
Narahubung: Zulkarnain (081320144878)

 

Tak semua orang bisa membaca kitab gundul, atau kitab berhasa Arab tanpa syakkal atau harakat. Melafalkannya saja sudah sulit, apalagi mengkaji maknanya? Bidang Dakwah Salman kemudian menyelenggarakan kelas Bathsul Kutub yang termasuk ke dalam program Studi Islam. Tujuannya antara lain untuk memfasilitasi mereka yang ingin mengkaji al-Qur’an terutama dari ilmu bahasanya.

 

Bathsul Kutub ini adalah ajang latihan bagi mereka yang sudah dibekali ilmu “alat” seperti ilmu nahwu dan tasrif. Jadi, ini adalah latihan membaca kitab dengan menggunakan ilmu nahwu dan ilmu shorof yang sudah dipelajari sebelumnya.

 

Pengertian dari “Bathsul Kutub” sendiri adalah mengkaji kitab atau buku. Di sini mereka diberikan materi pembelajaran mulai dari membaca, menerjemahkan, memahami,  sampai mengkaji isi kitab secara mendalam. Kitab yang dikaji boleh kitab Islam tentang apa saja sepanjang kitab tersebut belum ada harakat atau tanda bacanya. Maklum, tujuan akhir kelas ini adalah peserta mendapat ilmu-ilmu alat alias ilmu gramatikal dalam mengkaji kitab berbahasa Arab, seperti ilmu nahwu dan shorof.

 

Ilmu nahwu sendiri adalah ilmu untuk mengetahui bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih berupa kata tunggal atau satu (mufrod) atau sudah tersusun/tersambung (murokkab). Sedangkan ilmu shorof adalah bagian dari ilmu nahwu yang membahas kata dalam keadaan tunggal atau mufrod.

 

 

Salman membekali keterampilan untuk membaca kitab, melatih siswa untuk bisa membaca kitab karena kan membaca kitab kita harus mempunyai ilmu dan itu harus terus dilatih supaya bisa. Serta harapan kedepannya para peserta ini mempunyai kemampuan untuk bisa membaca kitab dan hasilnya bisa menganalisis sendiri kitab apapun itu karena mereka sudah dilatih sebelumnya.

 

Kelas Bahstul Kutub diadakan setiap hari Selasa jam 10 pagi dan Ahad jam 4 sore dengan 24 kali pertemuan, bertempat di GSS (Gedung Sayap Selatan) Masjid Salman ITB. Pesertanya terbuka khusus bagi mereka yang sudah mempunyai dasar paham bahasa Arab.

 

NARAHUBUNG: 087835363766 (Khalid) dan 081224461944 (Ulfah)
Sasaran: Mahasiswa ITB berbagai angkatan

 

Gamais ITB siap menyediakan jika ada mahasiswa ITB yang memerlukan kelompok mentoring, disediiakan mentornya.