Sebagai masjid yang berkomitmen menjadi oase ruhani, Salman menyediakan kajian-kajian yang dapat dihadiri oleh umum. Mulai dari Kajian Sabtu Dhuha, Kajian Ifthar, Kajian Ba’da Zuhur, Malam Ashabul Qur’an, dan lain sebagainya.

Waktu: Senin-Kamis, pukul 12.30- selesai

Lokasi: Koridor Utara/Koridor Selatan Masjid Salman ITB

Sasaran: Umum

Narahubung: 081394417385 (Ade)

Kajian Ba’da Dzuhur  dari Bidang Takmir Bidang Dakwah Salman ITB memang menyediakan “kudapan” khusus untuk mengisi “lambung” rohani para pesertanya.

Mengapa dilaksanakan setiap Ba’da Dzuhur? Alasannya sederhana. Oleh karena diadakan pada jam istirahat siang, waktu pengajian sengaja diatur agar tidak terlalu lama.

Materi yang diberikan pun tidak terlalu berat. Pemberiannya secara tematik; setiap hari memiliki tema materi yang berbeda-beda.

Pengajian yang sudah berjalan selama 3 tahun ini memang ditujukan untuk mengisi waktu para mahasiswa yang sedang istirahat siang. Itulah mengapa, pengajian ini diadakan pada hari-hari kerja saja.

Setiap hari memiliki tema materi yang berbeda-beda. Hari Senin khusus untuk mahasiswa-mahasiswa yang ingin memperbaiki bacaan al-Qur’an. Hari Selasa, pemateri memberikan materi Sirah Nabawiyah, atau kisah perjalanan Rasulullah SAW. Lalu pada hari Rabu, materi diambil dari kitab Riyadhus Shalihin atau Taman Orang-Orang Soleh.

Dan terakhir, pada hari Kamis, materi diambil dari kitab Hadits Shahih Bukhari. Tak sekedar “diberi makan”, peserta juga diberi kesempatan untuk mendiskusikan materi dengan pembicara. Bila waktu yang disediakan sudah habis, pembicara dengan senang hati akan menyediakan waktu tersendiri seusai acara ditutup.

Waktu: Setiap Sabtu jam 9

Lokasi: Ruang Utama Masjid Salman ITB

Sasaran: Umum

Narahubung: 081394417385 (Ade)

Kajian Sabtu Dhuha merupakan layanan untuk meningkatkan iman dan taqwa dengan metode ceramah. Penceramah yang diundang berasal dari kalangan Masjid Salman ITB dan kalangan luar, antara lain KH. Asep Zaenal Ausop, KH Miftah Faridl, Samsoe Bassaroedin, Saiful Islam Mubarak, dan sebagainya. Tema yang dibahas pun beragam.

Waktu: Senin dan Kamis jam 17.00
Lokasi: Selasar Hijau Masjid Salman ITB
Sasaran: Umum
Narahubung: 081394417385 (Ade)

Kajian Ifthar Salman adalah kajian yang membahas tentang keislaman dan ilmu tentang keagamaan. Sebenarnya Kajian Ifhar bukanlah kultum biasa.  Dalam kajian ini yang diutamakan adalah sesi kumpul dan makan bersamanya.

 

Biasanya Kajian Ifthar ini mulai sebelum berbuka, setengah jam sebelum adzan magrib bertempat di Selasar Hijau Masjid Salman. Kajian Ifthar biasanya hanya ada di hari Senin dan Kamis, karena pada waktu itu kebanyakan para mahasiswa sedang menunaikan ibadah puasa Senin-Kamis.

Kajian Ifthar disamping untuk mensyiarkan syariat Islam,  juga sambil menyemarakkan saat berbuka puasa.

 

Di dalam Kajian Ifthar ini mereka tidak hanya diberikan kajian saja tetapi mahasiswa bisa berbuka bersama disana. Banyak orang yang menanyakan kenapa tidak disebut dengan kultum? Karena kalau kultum “bahasanya”  sudah sering kita dengar. Oleh karena itu disebutlah dengan Kajian Ifthar atau kajian yang nuansa islami yang setelahnya ada sesi makan bersama.

 

Biasanya setelah Kajian atau ceramah telah selesai, para panitia dari anak-anak Asrama Putra (Astra) akan menyediakan ta’jilnya. Ada air mineral, kurma dan pisang serta makan beratnya. Sekitar 100 porsi nasi bungkus yang akan dibagikan kepada para pendengar Kajian ini.

Di sini siapapun boleh bergabung karena tempatnya juga terbuka untuk umum dan bisa dilihat oleh siapapun. Jadi, semua orang boleh ikut tanpa terkecuali yang tidak puasa saat itu. Selain untuk syiar, para mahasiswa juga mendapatkan ilmu agama yang bermanfaat bagi kehidupan mereka.

 

Pemateri Kajian Ifthar sendiri adalah ustadz-ustadz dari Bidang Dakwah dan para pengurus Masjid Salman. Dari luar pun ada terutama dari KDS (Kops Da’i Siaga). Di antaranya nama pengisi pada saat Kajian Ifthar berlangsung ada Ust. Aceng Saepudin, Ust. Zaenal Mustaqim, Ust. Deni Rahmat, Mas Samsoe Basarudin, Ust. Ery Lubis, Mas Hermawan, Mas Agung Harsoyo, Mas Samsurizal, Ust.Yazid Kalam dan masih banyak lagi.

Waktu: Jumat malam minggu pertama, mulai pukul 19.30
Lokasi: Ruang Utama Masjid Salman ITB
Sasaran: Umum

Setiap bulan di akhir pekan, tepatnya di minggu kedua, Masjid Salman ITB akan menjadi tempat penyelenggara Malam Bimbingan Iman dan Takwa (Mabit) Ashabul Quran bagi pelajar dan mahasiswa untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Mabit ini biasanya menghadirkan pemateri-pemateri yang akan membahas tentang kandungan Alquran. Selain materi tentang Alquran, kegiatan akan diisi dengan Halaqah Quran serta Qiyamul Lail 1 Juz.