Sasaran: Masyarakat

NARAHUBUNG: 085720398620 (Kak Deri)

Saat ini jumlah masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah semakin bertambah. Lebih menarik lagi adalah mereka memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan memendam idealisme yang besar untuk Indonesia. Permasalahannya, adalah kedua sisi ini seringkali tidak bertemu. Di sinilah peran Salman, untuk menjadi jembatan yang dapat mempertemukan kedua sisi tersebut.

Konsep kakak asuh secara sederhana layaknya beasiswa biasa. Donatur memberikan donasi via salman dan salman menyalurkannya ke penerima. Pembedannya adalah penamaan kakak dan adik asuh untuk membangun kedekatan emosional di antara mereka. Selain itu donatur (kakak asuh) tidak sekedar memberi donasi, tapi diharapkan dapat berperan aktif berkomunikasi dengan adik asuhnya. Adik asuh berada pada rentang pendidikan SD, SMP, dan SMA.

Lokasi: LPP SALMAN ITB, Komplek Masjid Salman ITB. Jl. Ganeca No.7 Bandung 40132

Narahubung: Telp. (022)2504186 Fax. (022)2500042

Sasaran: Siswa kelas 3 SMA

Hari ini banyak bimbingan belajar yang menjamin siswa SMA dapat lulus masuk ke Perguruan Tinggi impian. Tak ayal, biaya bimbingan belajar selama 1 bulan yang begitu tinggi bisa jadi melebihi biaya sekolah selama 3 tahun. Bagi siswa yang mampu, bimbingan belajar tentu dapat menjadi solusi. Namun, bagaimana jadinya jika siswa golongan kurang mampu harus bersaing pada seleksi ujian masuk perguruan tinggi tanpa fasilitas yang memadai? Hal ini merupakan salah satu latar belakang program Beasiswa Perintis untuk siswa SMA, oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) di bawah Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB.

Irfan Ramdani, penanggung jawab Beasiswa Perintis menjelaskan bahwa Beasiswa Perintis merupakan upaya untuk membuka peluang beasiswa di wilayah yang minim akses informasi. Kedua, untuk membantu calon mahasiswa kurang mampu yang ingin masuk PTN dengan memberi bimbingan, mulai dari bimbingan belajar, kerohanian, sampai kebangsaan.

Beasiswa perintis sudah ada ada sejak 2011. Muncul dari Beasiswa Pelopor yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,dan dikelola LPP. Lalu, beasiswa ini dilanjutkan dengan dana amal dari donatur Salman ITB. Sedangkan Beasiswa Perintis sendiri dibagi menjadi 3, yakni Perintis Bandung Raya, Perintis Jawa Barat dan Perintis Nasional.

Proses seleksi juga tergantung pada jenis beasiswa. Untuk Perintis Bandung Raya,adatry out seleksi sebanyak 4 kali. Dari seleksi tersebut diambil 100 siswa terbaik dari 1000-an total peserta. Sedangkan Perintis Jawa Barat, dilaksanakan satu kali serentak di beberapa kota di Jabar, dengan maksimal 3 orang terbaik.

Perintis Nasional dilakukan di 11 provinsi Indonesia, masing-masing diambil 1 siswa terbaik. Sehingga total siswa yang mendapatkan pembinaan intensif sebanyak 230 ditambah dengan juara 1 dan 2, 3 dari Kompetisi Sains Madrasah (KSM), yang diadakan oleh LPP. Bimbingan intensif dilaksanakan selama 28 hari di Pusdikajen Lembang dan di Pusdiktif Cimahi. Selama itu para peserta dibimbing oleh para mentor yang merupakan mahasiswa perguruan tinggi. Selain dibekali pengetahuan, anggota TNI pun mengajarkan langsung kedisplinan dan nilai-nilai kepemimpinan.

Lokasi: Komplek Gedung Kayu Lt. 1 Masjid Salman ITB Jalan Ganesha No.7  Bandung 40132.

Narahubung: 022-2530708 / 022-2500042

Sasaran: Mahasiswa

Merupakan beasiswa biaya hidup dan pembinaan serta pengembangan karakter Islami melalui kegiatan yang melibatkan para beswan untuk selalu peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Terdiri dari Beasiswa Aktivis, Pengajar Qur’an, Pengajar Tutorial, Ekonomi, Makan Siang, Riset, dan Prestasi.