Syekh Ali Jaber: Umat Muslim Umat Luar Biasa

Syekh Ali Jaber memberikan ceramah kepada jamaah Salman, Ahad (05-06-2016). (Dok. Masjid Salman ITB)

Syekh Ali Jaber memberikan ceramah kepada jemaah Salman, Ahad (5/6). (Foto: Dok. Salman ITB)

Islam adalah agama “rahmatan lil ‘alamin”, alias pembawa rahmat bagi seluruh alam. Pemeluknya dibimbing agar dapat memberi kesejahteraan pada seluruh makhluk, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Jadi bisa diakatakan, “rahmatan lil ‘alamin” adalah semboyan umat Muslim.

Namun di sisi lain, memaknai untuk kemudian menerapkannya, menjadi pekerjaan rumah tersendiri.  Apalagi mengingat artinya yang sangat luas.

Rahmatan lil ‘alamin bisa berarti sebagai Muslim, (kita) menjaga nama baik Islam,” terang Syekh Ali Jaber dalam Tabligh Akbar: Menyambut Indahnya Mentari Ramadhan, Ahad (5/6) lalu.

Pria yang pernah diamanahi sebagai imam Masjid Nabawi, Madinah ini menjelaskan lebih lanjut, seorang Muslim harusnya bisa menjadi teladan. Setiap lini hidupnya dipenuhi dengan pesan rahmatan lil ‘alamin. Tidak sekadar menjalankan ibadah wajib. Itulah mengapa umat Islam adalah umat yang luar biasa.

Meski demikian, berdasarkan surat Al-Fatihah, umat manusia terbagi menjadi tiga. Golongan pertama, merupakan golongan yang mendapat nikmat. Mereka berada di jalan yang lurus. Siapakah mereka? Ali menjelaskan, mereka adalah orang-orang yang berilmu dan mengamalkannya. Mereka memperoleh nikmat, petunjuk, dan hidayah karena beriman serta beramal saleh.

Berkebalikan dengan golongan kedua, golongan yang dimurkai Allah. Mereka memiliki ilmu, tapi tidak mengamalkannya. Sedangkan golongan ketiga lebih parah; mereka tidak berilmu juga tidak beramal.

Misi sebagai Muslim rahmatan lil ‘alamin baru dapat terwujud jika kita mencari ilmu kemudian mengamalkannya sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, Ali berpesan, di bulan yang penuh kemenangan ini, marilah kita menuntut ilmu dan mengimplementasikannya. “Karena bisa jadi Ramadan ini merupakan Ramadan terakhir kita,” tutupnya.[ed: Dh]

0 1160
puput

Leave a Reply