Seleksi Beasiswa Perintis ke-4 Diikuti Ribuan Peserta

Peserta mengerjakan soal seleksi dari panitia Beasiswa Perintis, di Ruang Utama Masjid Salman ITB, Ahad (27/10).  (Foto oleh Bustomi)

Peserta mengerjakan soal seleksi dari panitia Beasiswa Perintis, di Ruang Utama Masjid Salman ITB, Ahad (27/10).
(Foto oleh Bustomi)

Ratusan siswa memadati Ruang Utama Masjid Salman ITB, Ahad (27/10) kemarin. Murid-murid  Menengah Atas tersebut sedang mengikuti tes seleksi Beasiswa Perintis. Tahun ini, acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) itu diikuti oleh sebanyak 1100 peserta yang berasal dari sekolah-sekolah di Bandung Raya .

“Kita sedang mencari berlian-berlian yang akan membangun indonesia dimasa yang akan mendatang,” ujar Syarif Hidayat, Ketua Pengurus Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB.

Padatnya ruang utama masjid juga disebabkan oleh penambahan peserta dari sejumlah sekolah. Karenanya, panitia menyediakan tempat seleksi di Cililin untuk 200 orang peserta, di Garut untuk 100 orang peserta, serta di Majalengka untuk 700 orang peserta. “Untuk tahun lalu seleksi beasiswa perintis ini ada sekitar 800 peserta sedangkan sekarang ada 1100 peserta,” papar Irfan Ramdani, selaku Koordinator Beasiswa Perintis 4.

Irfan juga menjelaskan sistem try out (TO) seleksi, yaitu dengan sistem gugur. Peserta akan mengikuti try out sebanyak tiga tahap. Meski dalam satu tahap skor yang diraih tak sesuai harapan, peserta masih bisa memperbaiki total nilai lewat tahap-tahap berikutnya. “Kita juga melihat perkembangan seperti itu, progress (dari) ketiga kali TO tersebut,” tegas Irfan.

Beasiswa Perintis sendiri adalah beasiswa bimbingan belajar selama tiga puluh hari di camp belajar. Peserta yang lolos seleksi akan dikarantina dan belajar bersama untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). [Ed: Dh]

Bustomi

menunggu sang ulat yang mengurung dirinya di dalam kepompong untuk menjadi kupu-kupu...

2 Comments

  1. Rizal said:

    Assalamu’alaikum,,
    Kak, seleksi untuk MA tahun ini ada gak? Terus kapan seleksinya? Saya dari MAN Sukamanah Tasikmalaya ketinggalan info mengenai seleksi yang oktober lalu, katanya akan diadakan seleksi yang khusus buat anak2 MA. Mohon infonya. Terimakasih.

*

*

Top