Lomba Syahril Quran, Langkah Awal Pembinaan Kader Dai Mahasiswa

Suasana lomba Syarhil Quran Sabtu lalu (25/2). Lomba ini dimanfaatkan sebagai sarana kaderisasi dai dari kalangan mahasiswa. (Foto: Raudika L)

Lengkingan suara qiraah terdengar merdu di gedung serba guna Salman ITB. Pembaca sari tilawah pun dengan khusyuk mengartikan setiap ayat yang dilantunkan sang qori. Setelahnya, penceramah bergamis putih, tanpa hambatan yang berarti menyampaikan isi ceramahnya dengan lancar dan lugas.

Demikian gambaran suasana perlombaan Syahril Quran Antar Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Bandung Raya yang digelar Sabtu lalu (25/2). Lomba tersebut diadakan oleh Divisi Pelayanan dan Dakwah (DPD) Salman ITB.

Menurut Ustad Deni, panitia kegiatan tersebut, lomba dengan hadiah total 2,5 juta rupiah tersebut digelar untuk menyemarakkan peringatan hari besar Islam. “Tapi berhubung banyaknya kegiatan, acara baru bisa terlaksana sekarang,” terangnya.

Lomba tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang pembinaan kader-kader dai mahasiswa, terutama ITB. Anggota Korps Dai Salman ini juga berharap, mereka (mahasiswa ITB) menjadi peserta pembinaan kader dai mahasiswa.

Syahril Quran sendiri merupakan salah satu cabang dari perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Bentuk perlombaannya hampir mirip seperti lomba ceramah. Bedanya, penyampaian materi langsung disampaikan oleh qori dan pembaca sari tilawah, bukan oleh penceramah.[Fe]

*

*

Top