Relawan KORSA Bekali Diri dengan Pelatihan Water Rescue

Suasana pelatihan water rescue KORSA di Sungai Citarum. (Foto: Fery AP)

Para relawan Korps Relawan Salman (KORSA) ITB terus mengasah kemampuan mereka. Kali ini, 15 relawan KORSA dari berbagai angkatan membekali diri mereka dengan kemampuan water rescue (penyelamatan bencana air).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya penanganan terhadap bencana yang berkaitan dengan air, seperti banjir atau tsunami. Apalagi, akhir-akhir ini curah hujan di Indonesia sedang tinggi dan bisa menyebabkan banjir seperti yang terjadi di Baleendah, Bandung, beberapa waktu silam.

“Harapannya , sewaktu-waktu dibutuhkan, tim KORSA siap terjun ke lokasi bencana,” tutur Darma (24), Komandan KORSA.

Pelatihan water rescue ini diadakan sejak Jumat hingga Minggu lalu (13-15/1) di aliran Sungai Citarum yang terletak di perbatasan Kab. Bandung Barat dengan Kab. Cianjur. Tim SAR (Search and Rescue) Universitas Padjadjaran hadir sebagai instruktur dalam pelatihan kali ini.

Sesi pertama pelatihan pada Jumat malam diisi dengan pengenalan peralatan yang akan dipakai selama water rescue. Instruktur kemudian mengenalkan teknik-teknik water rescue secara teoritis serta dasar-dasar pelatihan skipper (pemimpin di perahu).

Selama dua hari pelatihan berikutnya, para relawan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berlatih dasar-dasar water rescue, teknik berenang, penyelamatan dengan tali, serta penyelamatan menggunakan perahu.

Sementara itu, kelompok kedua berlatih untuk menjadi skipper. Maka, selama dua hari pula mereka berlatih teknik mendayung, membalikkan perahu yang terbalik, membaca arus, dan ‘mengemudikan’ perahu.

Selama pelatihan beragam informasi dan kemampuan diserap oleh para peserta. Namun, pelatihan tersebut dirasa belum cukup. Kedepannya, kegiatan semacam ini akan dilakukan secara rutin. Tujuannya, agar kemampuan relawan terus terasah. Tak hanya itu, dengan adanya kegiatan tersebut peralatan water rescue yg diterima Rumah Amal Salman ITB akan termanfaatkan secara optimal.

*

*

Top