Mahasiswi Beasiswa Pelopor Meraih Penghargaan Mahasiswa Berprestasi ITB

(foto:dok. pribadi)

Program beasiswa pelopor yang diinisiasi Salman pada tahun 2010, nyata membuahkan hasil, setidaknya dari sisi akademis. Salah seorang beswannya, Yuanita Ayuning Rahayu atau yang akrab disapa Ayu, meraih predikat mahasiswa terbaik kategori TPB (Tahap Persiapan Bersama) di FITB (Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian) ITB.

Selain dari IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), penilaian juga dilakukan dari sisi non-akademis, termasuk keaktifan mahasiswa di luar kuliah. Setelah melewati beberapa tahap seleksi, mahasiswi jurusan Geologi ini menyisihkan empat kandidat lain, hingga akhirnya mendapat gelar mahasiswa terbaik.

Ayu mengaku termotivasi untuk menjadi mahasiswa terbaik untuk mengharumkan nama almamaternya, SMAN 1 Jatiwangi, Majalengka. Hal itu ia lakukan demi mewujudkan keinginan gurunya sewaktu SMA, Suhendy Casmita. Ayu mengenang, saat ia masih duduk di bangku SMA, Suhendy mengungkapkan bahwa di ITB ada penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dan nama beserta asal sekolahnya disebut saat penghargaan itu. Dan suatu kebanggan bagi Ayu, karena akhirnya ia berhasil mewujudkan cita-cita gurunya tersebut.

Selain untuk gurunya tersebut, mahasiswi asal Majalengka ini mendedikasikan penghargaannya terutama untuk orang tua, keluarga,dan Salman, serta masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Dan ia ingin siswa-siswa yang berasal dari daerah pelosok mau dan mampu bersaing dengan siswa-siswa dari sekolah yang sudah maju.

Kunci kesuksesannya di tahun pertama kuliah di ITB ini, menurutnya adalah fokus saat mengerjakan sesuatu. “Jadi, saat kuliah pikiran kita hanya untuk kuliah, jangan malu untuk bertanya, dan sering berdo’a”, sarannya.

Kedepannya, ia memiliki target untuk mempertahankan IP saat sudah masuk jurusan. Ia juga ingin mendapat gelar yang lebih tinggi, mahasiswa berprestasi tingkat prodi. Ia pun berharap dapat mengikuti student exchange ke luar negeri, suatu saat nanti.

Ayu berharap bisa selalu membuat orangtuanya bangga. Ayu juga ingin bersama-sama dengan temannya meraih suatu kesuksesan. Karena ia mendapat bantuan kuliah dari beasiswa pelopor, Ayu ingin memberikan sesuatu untuk daerahnya. Sesuai dengan bidangnya, Ayu ingin menjadi ahli di bidang mitigasi bencana alam.

3 Comments

  1. M. habibie said:

    seandainya dulu aku juga mengikuti langkah sama sepertimu yu.. masuk smp->sma jtw.. besar kemungkinan hal serupa juga menghampiriku. hahaa
    well, seukses :)

  2. tuarlanee said:

    maju terus utuk tetap berprestasi……
    itu sebagai bukti bahwa yang dari daerahpun sebenarnya punya otensi yg lebih dibandingkan org2 kota. tergantung kita mau ngusahain scra sungguh2 atau tidak.
    semoga cerita ini bisa mrnginspirasi mahasiswa beswan pelopor lainnya bahwa kita bisa……..

*

*

Top