Syukuran Penghafal Al-Quran

Dua belas hafidzah membacakan surat al Mulk (foto: Irfan)

Dua belas muslimah duduk berjajar di atas panggung. Mereka bersama-sama membaca surat al Mulk. Mereka adalah para hafidzah (penghafal Alquran) yang telah hafal 2-4 juz. Acara ini (17/8) merupakan syukuran yang diadakan Rumah Quran untuk memberikan penghargaan kepada 23 orang yang telah menghafalkan Alquran.

Acara dilanjutkan dengan membacakan dua halaman dari juz 2 oleh empat hafidzah yang telah hafal 5-11juz. Setelah itu seorang hafizhah 30juz, Ema Nurhalimah, membacakan dua halaman dari juz 4. Para hafidzah tersebut kebanyakan merupakan mahasiswa. Ada juga peserta Rumah Quran siswi kelas 5 SD yang telah hafal 2 juz Al-Qur’an, yaitu Nidaan Khofiyya. Sayangnya ia tidak hadir pada syukuran ini.

Sejak berdirinya Rumah Quran pada tahun 2009, untuk pertama kalinya tahun ini Rumah Qu’ran mengadakan syukuran. Penghargaan ini sebenarnya diberikan kepada 23 orang hafidz dan hafizhah, namun yang hadir hanya 17 orang dan itupun hanya peserta perempuan saja. peserta laki-laki tidak dapat hadir pada acara ini.

Hafalkan Alquran di tengah kesibukan Kuliah

“Ada rasa bahagia, ada rasa syukur, karena telah selesai menyetorkan hafalan. Namun itu masih belum cukup, karena itu hanya sebatas selesai setoran saja,” tutur Ema Nurhalimah yang berhasil mengkhatamkan hafalannya 30 juz. Ia berharap dapat menjaga hafalan 30 juz dengan kuat. Jelas saja, bila 6236 ayat dalam Al-Quran sampai lupa maka bisa berdosa.

Dulu ketika masih menghafal, Ia senantiasa istiqomah menambah hafalan setiap hari di sela-sela kesibukan kuliahnya. Mahasiswi ini setiap harinya selalu menambah hafalan dua halaman. “Luangkan waktu satu jam, ba’da subuh sampe jam 6. Murajaah (mengulang hafalan) tiap hari sebelum pergi kuliah,” tambahnya.

Ema memberikan tips-tips agar mudah menghafal Al-Qur’an. Ada empat aspek yang terpenting, yaitu sabar, istiqomah, luangkan waktu, dan doa. Untuk para pemula memang agak sulit, tapi jika sudah terbiasa menghafal maka dua lembar perhari pun terasa begitu mudah. Dulu ia mulanya selalu setor hafalan setengah halaman.

Menurut Ema membaca 3 juz perhari dapat membantu melancarkan lisan dan agar ayat-ayat yang dibaca sering terulang sehingga terekam dalam memori. “Insya Allah, kalo sudah rutin tilawah menghafalnya jadi mudah,” jelasnya.

*

*

Top