Ahmad Heryawan, Mubaligh yang juga Politikus

Ahmad Heryawan (Foto: beritapks.com)

Ahmad Heryawan (Foto: beritapks.com)

H. Ahmad Heryawan, Lc. merupakan gubernur Jawa Barat periode 2008 hingga 2013 mendatang. Pria kelahiran Sukabumi, 19 Juni 1966 ini, merupakan gubernur Jawa Barat pertama yang dipilih langsung oleh masyarakat Jawa Barat. Bersama Dede Yusuf, mereka berdua diajukan oleh koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pada saat itu, beliau dan wakilnya merupakan calon gubernur dan wakil gubernur termuda dibandingkan calon lainnya.

Pendidikan SD dan SMA Heryawan diselesaikan di Sukabumi, Jawa Barat. Sedangkan pendidikan sarjana beliau selesaikan di Fakultas Syariah LIPIA Jakarta pada 1992. Selepas menyandang gelar sarjana, Heryawan mengajar di beberapa perguruan tinggi. Beberapa di antaranya adalah Ma’had Al Hikmah, Dirosah Islamiyyah Al Hikmah, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta, dan Pusat Studi Islam Al Amanar.

Sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat, Heryawan dikenal sebagai politikus dan mubaligh. Suami dari Netty Prasetiyani ini pernah berkiprah sebagai anggota DPRD DKI Jakarta pada 1999. Pada 2004 hingga 2009, bapak 6 orang anak ini juga pernah diamanahi sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta. Pada 2004 hingga saat ini, beliau diamanahi sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Umat Islam (PUI).

*

*

Top