Dua Warga Jepang Ikrar Syahadat di Masjid Salman

Yoichiro Takada menerima ucapan selamat dari jamaah Salman

Yoichiro Takada menerima ucapan selamat dari jamaah Salman (Foto: Irfan H)

Dengan tersenyum Yoichiro Takada menerima ucapan selamat dari jamaah Salman setelah ia berikrar syahadat. Pria yang akrab disapa Taka ini telah resmi memeluk agama Islam selepas salat JumatĀ  (29/4) berlangsung. Pria kelahiran 1987 ini merupakan alumni Pascasarjana SBM bidang Sains Manajemen.

Ketika ditanya bagaimana pandangannya tentang Islam, ia menjawab bahwa umat Islam khususnya di Indonesia, rata-rata merupakan orang yang ramah. Taka mengaku belum banyak mempelajari Islam dan berencana mempelajari Islam di negeri kelahirannya.

Meski mungkin akan kaget, ia berharap orangtuanya bisa menerima agama barunya. Taka memang belum memberitahukan kepada orangtuanya di Jepang. Menurut Taka dalam masalah kepercayaan orang Jepang lebih bersifat individualis. Tidak heran meski di negara maju masih ada kepercayaan bahwa ada banyak dewa di alam seperti ada dewa pohon, dewa batu dan dewa gunung.

Beberapa hari sebelumnya, masih di minggu yang sama, tepatnya pada Selasa (26/4) seorang warga Jepang lain pun telah berikrar syahadat di Salman. Masataro Niikura memutuskan memeluk agama Islam setelah belajar tentang Islam dari kawan-kawannya.

Masataro, begitu panggilannya, merupakan pekerja di sebuah perusahaan Jepang di Indonesia. Pria kelahiran 1953 ini mengaku memeluk Islam karena mengikuti kata hatinya. Masataro yang tinggal di dekat perusahaanya di daerah Tanjung Sari, Sumedang, dahulu merupakan penganut Bukyo.

*

*

Top