Siswa Learning Camp yang Lolos USM ITB Dikhawatirkan Tak Capai Target

Siswa Learning Camp 2010 berfoto bersama usai penutupan kegiatan. (Foto: Dok. Panitia Learning Camp 2010)

Siswa Learning Camp 2010 berfoto bersama usai penutupan kegiatan. (Dok. Panitia Learning Camp 2010)

Jumlah siswa Learning Camp yang lolos Ujian Saringan Mandiri (USM) ITB diprediksi tidak akan mencapai target 100 siswa.Hal ini didasarkan dari evaluasi 3 tryout selama Learning Camp 2010. Demikian diungkapkan Syamril, ST, manajer Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB.

Ditemui di kantor LPP Salman ITB pada Senin (29/3), Syamril memaparkan rentang kemungkinan siswa diterima di ITB melalui jalur USM ITB antara 30 dan 80 orang. Meskipun begitu, lanjut Syamril, pembimbing siswa Learning Camp 2010 yakin bisa mencapai target 100 orang.

Senada dengan Syamril, Abdullah Syuaib, Direktur EduTech sekaligus penanggung jawab Learning Camp 2010, memprediksi hanya sekitar 60 sampai 70 orang yang lolos USM ITB. Namun, dirinya optimis 100 anak diterima. “Syukur-syukur lebih,” tandas AB, begitu Abdullah biasa disapa.

Lebih lanjut, Abdullah menuturkan bahwa hasil ini masih lebih baik dibandingkan dengan hasil peserta sebelum mengikuti Learning Camp 2010. “Bila mereka (peserta) tidak mengikuti Learning Camp, (diprediksikan) hanya 15 sampai 20 orang yang bisa lolos,” tutur Abdullah.

Namun, Abdullah merasa puas dengan penyelenggaraan Learning Camp 2010. Pasalnya, kemampuan peserta Learning Camp 2010 meningkat signifikan. “Berarti yang kami (panitia Learning Camp) berikan masuk (dimengerti siswa),” simpul Abdullah.

Seratus peserta Learning Camp 2010 yang lolos dalam USM ITB akan menjadi penerima Beasiswa Pelopor. Beasiswa ini merupakan bantuan pendidikan untuk berkuliah di ITB dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah Seratus Juta Rupiah per anak. Diharapkan dengan adanya program ini, kota-kota di Jawa Barat memiliki sumber daya manusia yang mampu mengembangkan kotanya setelah lulus kelak.

One Comment;

*

*

Top